Tuesday 15 March 2016

Lima Hewan Laut Paling Mematikan di Dunia



Di balik keindahan panorama bawah airnya, bentangan lautan juga menyimpan bahaya bagi manusia terutama bagi mereka yang hobi menyelam. Selain ikan hiu terdapat beberapa hewan laut mematikan yang sewaktu-waktu bisa mengancam nyawa Anda.

Selain keganasannya, di antara hewan-hewan tersebut juga memiliki bisa atau racun paling mematikan. Berikut hewan laut paling berbahaya dan mematikan itu sebagaimana dikutip dari laman amazine.co.

Stonefish (Ikan Batu)

Duri pada ikan batu mengandung racun yang dapat membunuh manusia. Ikan ini sangat sulit dikenali lantaran bentuknya mirip seperti batu karang di antara pasir di dasar laut.

Sebanyak 13 duri tajam beracun pada punggungnya menjadi senjata ampuh ikan ini dari serangan hewan lain. Racun ikan batu konon sangat menyiksa korbannya, sehingga korban merasa lebih baik mengamputasi bagian tubuhnya yang terinfeksi racun tersebut.

White Shark (Hiu Putih)

Ini dia hewan predator paling ganas di laut. Hiu putih (white shark) memiliki maut yang berbahaya. Hiu ini memiliki ratusan gigi tajam yang berjejer rapi yang tertanam di mulutnya.


Panjang tubuhnya bisa mencapai lebih dari 15 meter. Hiu jenis ini juga dikenal sangat agresif dan sangar terutama dalam keadaan lapar.

Ubur-Ubur Kotak

Ubur-ubur memiliki berbagai macam spesies. Namun, yang paling berbahaya ialah ubur-ubur kotak. Sengatan seekor ubur-ubur kotak bisa berakibat fatal lantaran kandungan racunnya sangat mematikan.


Jika racunnya sudah masuk ke dalam tubuh, maka racunnya dengan cepat akan menyerang jantung serta sistem saraf manusia. Rasa sakit yang ditimbulkan juga sangat luar biasa yang bisa membuat seseorang tak sadarkan diri.

Ular Laut Perut Kuning

Ular laut perut kuning memiliki bisa yang bahkan lebih berbahaya ular kobra. Gigitan ular ini dapat menyebabkan nyeri, kaku, dan kelumpuhan hanya dalam beberapa menit saja.


Namun, dalam kebanyakan kasus, gigitan ular laut hanya bersifat defensif. Ular ini sangat jarang ditemukan menyerang manusia jika sedang tidak dalam keadaan terancam.

Lionfish (Ikan Singa)

Ikan Singa termasuk hewan berbahaya di kadalaman laut. Ia memiliki bisa atau racun berbahaya pada duri dan siripnya. Ikan singa banyak ditemukan di wilayah perairan Indo-Pasifik.


Sengatan seekor lion fish dapat menimbulkan nyeri, sakit kepala, sulit bernafas hingga muntah. Jika tidak lekas ditangani, maka bukan mustahil akan berdampak pada kematian.

( Sumber http://techno.okezone.com/read/2016/03/14/56/1335589/lima-hewan-laut-paling-mematikan-di-dunia?page=2 )

No comments:

Post a Comment