Saturday 12 March 2016

GOOGLE INGIN HADIRKAN LAYANAN INTERNET '1GBPS UNTUK PERORANGAN'


Saat ini Google telah memiliki layanan internet super cepat yaitu Google Fiber, yang untuk sementara cuma bisa dinikmati di sejumlah kota di Amerika Serikat saja. Masih belum jelas kapan layanan mereka siap menjangkau seluruh negara bagian di negeri Paman Sam tersebut, apalagi negara-negara lain di dunia. Namun kini Google telah menetapkan target agar layanan Fiber bisa jauh lebih cepat ketimbang yang ada saat ini.

Sebuah pengumuman lowongan pekerjaan untuk Google Fiber mengungkapkan bahwa Google sedang mencari engineer yang tertarik dalam menghasilkan inovasi teknologi internet yang mampu menghadirkan akses pada 'tingkat kecepatan jaringan bandwith melampaui Gbps untuk tiap pengguna dengan biaya yang terjangkau.' Tingkat kecepatan rata-rata dari layanan Google Fiber saat ini mencapai 1Gbps, dan kecepatan tersebut tercatat hampir 100x lipat lebih cepat ketimbang kecepatan rata-rata yang bisa dinikmati oleh para pengguna di Amerika Serikat (*sekitar 11,7Mbps).

Jika Google memang serius dalam upayanya menghadirkan internet dengan kecepatan di atas gigabit (*Gb, bukan gigabyte alias GB), maka tingkatan berikut (idealnya) adalah Tbps alias terabit per detik. Jika dengan kecepatan Gbps saja Anda bisa mengunduh film dengan kualitas HD dalam waktu 7 detik saja, maka kecepatan Tbps bakal memangkas waktu untuk mengunduh film HD menjadi 7 milidetik saja!

Keterangan dari pengumuman Google tersebut memang tidak secara gamblang menyebutkan kata terabit per detik, namun keterangan bahwa kecepatan gigabit per detik hendaknya bisa dinikmati oleh pengguna perorangan (*bukan seluruh jaringan), maka hal ini jelas memperlihatkan bahwa Google memang serius ingin memperbarui kecepatan layanan mereka lebih jauh lagi.



(Sumber http://gopego.com/news/a/2016/03/google-ingin-hadirkan-layanan-internet-1gbps-untuk-perorangan )

No comments:

Post a Comment