Tuesday 29 March 2016

6 Keahlian Ini Harus Dimiliki untuk Bersaing Kerja

Jakarta - Setiap bidang pekerjaan tentunya memerlukan keahlian tertentu. Pada akhirnya, mereka yang memiliki sejumlah keahlian akan terlihat menonjol di kantor.

Persaingan pun tak terelakkan saat Anda bekerja di sebuah perusahaan. Tak usah takut akan persaingan, karena hal tersebut bisa memacu Anda untuk menjadi lebih baik lagi.

Namun tentu saja, Anda pun harus menciptakan suasana persaingan yang sehat dan bersikap positif.

Untuk menghadapi persaingan yang cukup sengit di kantor, ada beberapa keahlian yang perlu Anda miliki, berikut di antaranya.

1. Pendengar yang baik

Pada dasarnya, keahlian yang dibutuhkan dalam pekerjaan tidak sekadar mampu berbicara di depan umum atau saat presentasi.

Kemampuan mendengar justru lebih dibutuhkan, karena bisa membuat Anda bekerja lebih produktif, membantu Anda lebih mudah bergaul dengan rekan kerja, terutama dalam lingkungan kantor yang mengedepankan kerja sama tim.

Dengan memiliki keahlian ini, Anda pun akan lebih banyak menyerap informasi dan pendapat dengan orang lain. Selain itu, keuntungan lainnya, orang lain juga akan lebih menghargai Anda saat Anda berbicara atau mengeluarkan pendapat.

2. Melek teknologi

Di zaman teknologi maju seperti ini, sudah seharusnya Anda melek teknologi dan seminimal mungkin bisa menggunakan komputer.

Jika ingin dinilai lebih, maka Anda juga harus paham tren teknologi terkini, aplikasi komputer terbaru, serta perkembangan media sosial.

3. Menulis dengan efektif

Apakah pekerjaan Anda membutuhkan kemampuan menulis memo yang pendek atau laporan yang panjang, Anda tetap harus bisa mampu menulis dengan efektif. Ini artinya, pesan yang disampaikan dalam tulisan bisa diterima dan dimengerti semua pihak yang membacanya.

4. Mampu mengatasi krisis

Masalah pasti ada di setiap pekerjaan, namun bagaimana Anda menghadapi krisis dan mencari penyelesaian masalah itulah yang akan menjadi nilai lebih.

Menjadi seseorang yang bisa memberikan solusi akan lebih bermanfaat bagi perusahaan, ketimbang seseorang yang kerap menunjukkan masalah tanpa mencari jalan keluar.

5. Pengaturan waktu yang baik

Anda juga harus mampu mengelola waktu yang ada dengan baik. Menyelesaikan pekerjaan sebelum tenggat waktu, produktif bekerja, dan selalu datang tepat waktu merupakan beberapa contoh pengaturan waktu kerja yang baik.

6. Kerja sama dengan tim

Hampir dalam setiap perusahaan, Anda akan dihadapkan pada situasi di mana Anda harus bekerja sama dalam tim untuk mengerjakan proyek tertentu.

Kemampuan Anda bekerja sama dengan baik juga sangat diperlukan. Bagaimana Anda bisa saling menghormati, menerima pendapat dan kritik orang lain, serta mengedepankan kepentingan tim adalah beberapa di antara kualitas yang dibutuhkan.

(TEMPO.COM)

No comments:

Post a Comment