Saturday 20 February 2016

Faktor Yang Mempengaruhi SEO & SERP

Apa saja faktor yang mempengaruhi SEO dan SERP?

Sebelum melangkah lebih jauh lagi  ke praktek pertama, ada baiknya hal ini saya terangkan terlebih dahulu. Bagaimanapun pondasi tentang SEO sendiri harus ditanam sejak awal  Lalu apa saja faktor yang mempengaruhi SEO dan SERP? untuk yang belum paham SERP, SERP singkatan dari Search Engine Result Page artinya Halaman Hasil Mesin Pencari. Ketika pengguna menggunakan mesin pencari dengan suatu kata kunci, maka halaman yang muncul itulah  yang disebut SERP. Pada kesempatan lain saya akan jelaskan bagaimana memeriksa SERP halaman website Agan. Kali ini fokus dulu terhadap faktor yang mempengaruhi SEO dan SERP.

Google sendiri punya 200 faktor yang menentukan peringkat suatu website. What? 200? tapi tidak usah panik gan seperti saya yang baru tahu kemarin . Kita akan bahas point penting dari 200 faktor tersebut.



Riset Kata Kunci

Ini salah satu faktor penentu apakah Google melayakkan website kita berada di halaman 1 SERP. Agan bisa bermain riset dan melihat jumlah kunjungan pada setiap kata kunci di Google Adwords. Lalu bagaimana cara melakukan riset kata kunci di Google Adwords? Sudah saya bahas pada posting: Bagaimana Melakukan Riset Kata Kunci dengan Google Adwords. Tapi sebelum melangkah ke postingan tersebut, ada baiknya Agan melanjutkan membaca. Bagaiamanapun hal dasar itu penting gan.

Sebelum membaca posting Bagaimana Melakukan Riset Kata Kunci dengan Google Adwords, hal yang ingin saya tekankan adalah fokus terhadap kata kunci tersebut. Agan mungkin punya kemampuan membuat website super keren dalam waktu semalam atau bayar jasa bikin website jutaan rupiah, tapi kebanyakan orang gagal pada titik awal SEO yaitu kata kunci. Intinya konten website Agan haruslah berisi hal yang relevan dengan kata kunci yang difokuskan tadi. Misalnya Agan ingin membahas tentang Cara Bertani, jelas kaitannya adalah tehnik – tehnik bertani, hasil panen, membicarakan kualitas beras misalnya, intinya masih berhubungan dengan kata kunci Cara Bertani tadi.

Ingat! Google menyukai website yang kontennya relevan!

Kualitas Konten

Setelah menentukan kata kunci dan mungkin Agan sudah mempersiapkan posting-posting yang relevan, hal selanjutnya adalah kualitas konten. Bagaimana kualitas konten yang baik yang disukai google? Sederhana gan, posting tulisan sendiri. Sumber boleh dari website yang sudah terkenal dan postingannya berkualitas tapi jangan asal copy-paste begitu saja. Buat yang sekolah atau kuliah, jangan bawa kebiasaan kopas kedalam ilmu SEO. Tugas GoogleBot nih untuk memeriksa konten website Agan apakah ada duplikasi konten akibat kopas, jika ada jangan berharap peringkat 1. Ada baiknya baca dan dimengerti informasi dari website lain lalu tulis dengan bahasa sendiri. Saya rasakopas bisa saja tapi jangan semua, maksimal 1 paragraf dengan menyertakan link referensi menuju informasi tersebut. Hal ini juga dapat meningkatkan tehnik SEO Onpage Agan (kita bicara soal tehnik di post lain).

Fresh Content

Masih berkaitan dengan kualitas konten. Usahakan tulisan agan menyangkut informasi yang up to date. Jika ingin mengambil informasi dari website yang tidak update. Hal ini untuk mencegah tulisan yang usang padahal ada informasi yang lebih baru lagi dari dari topik tersebut. Ingat Google menyukai informasi yang up to date untuk dibagikan ke penggunanya.

Tips: Jika ingin mengambil informasi dari website lain, lihat tanggal postingan dan pastikan bukan postingan lama kecuali topiknya adalah hal yang mutlak dan tidak mungkin berubah. Apabila Agan mempunyai postingan lama di website, bolehlah update sedikit untuk memunculkan peluang pengunjung menuju artikel tersebut.

Popularitas Website

Faktor ini sebenarnya menyangkut Tehnik SEO Offpage. Popularitas bisa dinilai dari jumlah backlink yang masuk ke website kita. Sumber backlink juga dinilai apakah berasal dari website yang berkualitas. Tips membangun backlink ini juga ada pembahasannya sendiri. Bisa dilihat pada postingan

Sosial Signal

Sosial Signal juga berkaitan dengan pembangunan backlink. Sosial signal bisa diartikan respon dari pengunjung website tersebut lalu membagikannya melalui tombol share ke media sosial baik facebook, twitter, google+, dll. Jadi sosial signal ini awalnya dibangun dengan konten yang berkualitas dan bermanfaat untuk banyak orang sehingga orang-orang akan membagikannya melalui media sosial. Kuncinya kembali ke kualitas konten dan manfaatnya. Backlink otomatis terbangun dari sosial signal ini.

Tips: Segera share ke media sosial sesaat setelah Agan membuat suatu postingan, traffic bisa muncul dari teman-teman Agan di facebook, twitter dan media sosial lainnya.

Usia Domain

Jangan berharap baru beberapa hari menerapkan SEO, website Agan langsung menuju peringkat 1. Google juga menilai dari segi usia suatu domain. Jika konsisten menerapkan SEO baik dari segi update konten maupun pembangunan backlink, bisa saja menuju peringkat 1 lebih cepat. Hitungannya bukan harian dan mingguan, bulanan bisa jadi jika Agan konsisten, Tahunan sudah pasti apabila tetap konsisten dan up to date.

Bounce Rate

Bounce rate sendiri ada pembahasannya supaya lebih jelas apa maksudnya. Silahkan menuju post

Intinya BR dihitung dari seberapa pengunjung datang ke website Agan lalu pergi. Tingkat BR yang tinggi adalah tingkat pengunjung yang datang dan pergi dengan cepat. Semakin rendah tingkat BR maka Google menganggap website kita memiliki konten yang bermanfaat. Kembali lagi, membangun konten yang berkualitas dan bermanfaat menjadi kuncinya.

Pada intinya faktor yang mempengaruhi SEO dan SERP adalah kontenyang berkualitas dan bermanfaat. Meskipun belum sampai peringkat 1, apabila orang menilai website kita bermanfaat saya rasa kunjungan yang banyak akan datang dengan segera.


No comments:

Post a Comment