Thursday 25 February 2016

PARA HACKER KINI PUNYA TRIK BARU DALAM MEMBAJAK KOMPUTER ANDA: MOUSEJACKING



Selama ini Anda mungkin sudah sering membaca artikel tentang potensi bahaya dari mengakses jaringan WiFi di tempat umum, juga mengunduh file-file dari sumber yang tak resmi. Namun penemuan terbaru mengungkapkan bahwa tak ada titik hubungan yang benar-benar aman di komputer, karena kini para hacker juga bisa mengakses komputer Anda lewat mouse ataupun keyboard tanpa kabel Anda. Penasaran?

Penemuan terbaru dari para ilmuwan di perusahaan pengamanan bidang IoT (internet of things) mengungkapkan bahwa produk-produk mouse dan keyboard nirkabel dari 7 perusahaan terkemuka rentan terhadap serangan mousejacking. Bisa Anda tebak dari namanya, serangan ini memungkinkan hacker mengakses kendali penuh atas komputer pengguna lewat dongle untuk mouse ataupun keyboard nirkabel yang terpasang di port USB.

Untuk melakukannya, para hacker cuma membutuhkan sebuah antenna seharga $10-$15 serta sejumlah baris pemrograman guna memanfaatkan kerentanan dari konektivitas antara dongle dengan port USB di komputer. Setelah hacker sukses mengakses komputer, maka hacker akan bisa melakukan perintah apapun kepada komputer pengguna.

Untungnya, serangan ini memiliki sejumlah batasan, yaitu:
- hacker cuma akan bisa melakukan apa yang bisa dilakukan oleh pengguna, tanpa akses ke password seandainya layar dalam keadaan terkunci
- hacker harus bisa melihat langsung apa yang tampak di layar monitor untuk menjalankan aksinya

Pencegahan yang bisa dilakukan adalah kembali memakai keyboard dan mouse berkabel, juga senantiasa mengunci komputer ketika Anda sedang tak menggunakannya. Logitech saat ini telah merilis sebuah patch untuk menutup celah yang ada, jadi jika Anda memakai produk mouse & keyboard nirkabel dari merk tersebut maka langsung saja unduh patch yang dibutuhkan.


(sumber http://gopego.com/news/a/2016/02/para-hacker-kini-punya-trik-baru-dalam-membajak-komputer-anda-mousejacking )


No comments:

Post a Comment